Tuesday, May 31, 2011

Saya dan Hawaii, Negara Bagian Aloha yang Terlupakan

     
Bendera Hawaii


     Hawaii adalah sebuah negara bagian Amerika Serikat. Hawaii ditemukan oleh James Cook, seorang penjelajah Inggris pada 10 Januari 1778. Penduduk asli kepulauan Hawaii adalah suku bangsa Polynesia. King Kamehameha I yang terlahir pada tahun 1758, adalah raja besar yang pernah berkuasa atas kepulauan Hawaii sekitar tahun 1810. Dinasti Kamehameha diteruskan oleh keturunannya hingga Kamehameha V, yang mangkat pada 11 Desember 1872, yang merupakan penerus terakhir dinasti Kamehameha.
     Sejarah kepemimpinan Hawaii masih diteruskan oleh beberapa nama besar kerabat keluarga Kamehameha seperti Lunalilo, Kalakaua, Liliuokalani, hingga akhirnya masuk dalam himpunan negara jajahan Amerika Serikat pada tahun 1900, dan disahkan sebagai negara bagian Amerika Serikat ke-50, pada 21 agustus 1959.
     Pada kongres besar 1993, Presiden Clinton pernah meminta maaf kepada seluruh suku bangsa Hawaii, atas musnahnya dinasti kerajaan Hawaii. Hawaii merupakan salah satu pulau wisata papan atas di dunia, potensi keindahan alam serta wisata bahari yang "super indah" menjadikan Hawaii terkenal keseluruh pelosok dunia.
     Tokoh terkenal lain asal Hawaii adalah Duke Kahanamoku, yang merupakan penemu olah raga selancar.
     Pernahkah Anda mendengar atau mungkin membaca Pulau Oahu? Kata Hawaii mungkin familiar bagi Anda namun Pulau Oahu saya kira tidak terlalu. Hal ini juga terjadi pada saya. Kota Honolulu yang merupakan ibukota State of Hawaii ternyata terletak di Pulau Oahu bukan di Big Island yang notabene merupakan pulau terbesar. Pulau ini bukanlah pulau yang terbesar di bentangan pulau pulau Hawaii, meski begitu pulau inilah yang paling padat penduduknya. Pulau pulau lain yang cukup terkenal diantaranya adalah Maui Island, Kauai Island, dan Big Island.

Sejarah Hawaii
      Tanggal 18 Januari 1778, Kapten James Cook dari Inggris menjadi orang Eropa pertama yang mendarat di kepulauan Hawaii. Dua hari kemudian, ia mendarat di pulau Kauai dan memberi nama kepulauan di kawasan itu dengan nama Sandwich Islands.

James Cook

Ilustrasi Kapal


      James Cook adalah seorang pelaut Inggris yang banyak melakukan ekspedisi keliling dunia. Pada tahun 1768, ia menahkodai kapal yang membawa ilmuwan Inggris ke Tahiti. Pada tahun 1771, ia kembali ke Inggris dengan membawa penemuan baru, yaitu benua Australia dan Selandia Baru. Pada tahun 1772, ia memimpin ekspedisi ke Pasifik Selatan dan akhirnya menemukan daerah Kaledonia Baru.

      Awalnya, Cook dan pelautnya disambut dengan antusias oleh penduduk pribumi Hawaii. Namun ketika setahun kemudian Cook dan rombongannya kembali ke Hawaii, yaitu tahun 1779, terjadi konflik dan bentrokan antara pelaut Inggris dan penduduk pribumi. Kapten Cook sendiri ikut tewas dalam bentrokan itu.



Konstitusi 1887
     Pada tahun 1887, Kalākaua dipaksa untuk menandatangani Konstitusi 1887 Kerajaan Hawaii, dimana raja telah dilucuti sebagian besar kekuasaannya. Ada kualifikasi untuk voting. Penduduk kulit putih diizinkan untuk memilih, tetapi orang Asia tidak diperbolehkan memilih.

      UUD 1887 ditandatangani di bawah ancaman kekerasan, hal ini  dikenal sebagai "Bayonet Constitution". Raja Kalākaua menjadi raja sampai kematiannya pada tahun 1891. Adik-Nya, Liliuokalani, menggantikan dia di atas takhta.

      Pada tahun 1893, Ratu Liliuokalani mengumumkan rencana untuk konstitusi baru. Pada tanggal 14 Januari 1893, sekelompok kebanyakan pemimpin bisnis Eropa-Amerika dan warga membentuk Komite Keselamatan untuk menggulingkan Kerajaan dan mencari aneksasi oleh Amerika Serikat. Pemerintah Amerika Serikat Menteri John L. Stevens, menanggapi permintaan dari Komite Keselamatan, memanggil sebuah perusahaan dari Marinir AS. Sebagai salah satu sejarawan mencatat, kehadiran pasukan tersebut secara efektif tidak memungkinkan monarki untuk melindungi dirinya sendiri.

     Hawaii adalah salah satu dari empat negara yang  independen  sebelum  menjadi  bagian dari Amerika Serikat bersama  dengan  Republik  Vermont (1791),  Republik Texas (1845), dan Republik California (1846yang telah diakui diplomatik resmi internasional. 
    Kerajaan Hawaii berdaulat dari 1810 sampai 1893 ketika monarki digulingkan oleh penduduk Amerika (dan beberapa negara Eropa)  pengusaha Itu adalah  republik merdeka  dari 1894  sampai1898 , ketika dicaplok oleh Amerika Serikat sebagai suatu wilayah,menjadi sebuah negara pada tahun 1959. Hawaii menjadi sasaran serangan kejutan terhadap Pearl Harbor oleh Imperial Jepang pada tanggal 7 Desember 1941.  Serangan terhadap  Pearl Harbor daninstalasi militer dan angkatan laut  lainnya di Oahu dilakukan oleh pesawat  dan kapal selam membawa Amerika Serikat ke dalam Perang Dunia II.

     Pulau Hawai, yaitu Hawai’i, Maui, O’ahu, Kaho’olawe, Lana’i, Moloka’i, Kaua’i, dan Ni’ihau. Tentunya, masih banyak lagi pulau-pulau lainnya dengan ukuran lebih kecil dari delapan pulau tersebut. Honolulu adalah ibu kota negara kepulauan ini, yang terdapat di Pulau O’ahu.
Gunung Mauna Kea terdapat di Pulau Hawai. Ia memiliki ketinggian 4.205 meter dari atas permukaan laut. Pada kenyataannya, dasar gunung tersebut berada di dasar Laut Pasifik yang memiliki kedalaman sekitar 10.200 meter. Gunung tersebut dikatakan lebih tinggi dari Gunung Everest, jika tingginya dihitung dari dasar yang berada di kedalaman Laut Pasifik. Keindahan panorama alam Pulau Hawai dikelilingi oleh lautan.    


     Bangsa Jepang merupakan bangsa pertama yang mendiami Pulau Hawai, yaitu sekitar 1896. Mereka berimigrasi ke Pulau Hawai sebagai buruh kontrak di perkebunan tebu dan perkebunan nanas. Disusul oleh imigrasi buruh dari Puerto Rico, dimulai ketika industri pengolahan gula tebu di sana mengalami kehancuran pada 1899, akibat adanya badai topan. Bencana tersebut membuat Pulau Hawai sebagai satu-satunya penghasil gula tebu di dunia saat itu. Selanjutnya, berdatangan pula gelombang imigrasi dari Korea dalam rentang waktu 1903–1924, disusul pada 1965.


     Dengan adanya imigran dari berbagai negara, Pulau Hawai menjadi  wilayah multietnis. Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi yang dipakai oleh sebagian besar penduduknya. Presiden Amerika Serikat yang memerintah saat ini, Barrack Obama, lahir dan menghabiskan masa mudanya di Pulau Hawai.


Pulau Hawaii, Negara Bagian Amerika Serikat


Letak Hawaii

     Pulau Hawai resmi menjadi salah satu negara bagian Amerika Serikat pada 21 Agustus 1959 dan menjadi negara bagian termuda, yaitu ke-50. Hawai yang merupakan negara kepulauan, menjadikannya sebagai karakteristik khusus dari negara bagian termuda Amerika Serikat ini.
Pulau Hawai ini adalah negara bagian Amerika Serikat yang berada di bagian Amerika paling selatan dan tidak berbatasan dengan negara bagian-negara bagian Amerika Serikat lainnya. Secara umum, Pulau Hawai memiliki karakteristik khusus yang membuatnya berbeda dengan negara-negara bagian lainnya. Di antaranya, memiliki letak geografis yang tidak berada di wilayah Amerika Utara, terdapat banyak perkebunan kopi, istana kerajaan, dan tidak memiliki garis batas yang lurus.

     Sebelum menjadi salah satu negara bagian Amerika Serikat, Pulau Hawai merupakan negara yang merdeka. Kerajaan Hawai memerintah dalam rentang waktu 1810–1893, hingga mengalami kejatuhan sekitar  1894 dan menjadi negara republik yang merdeka.  Pada 1898, Pulau Hawai diambil alih oleh Amerika Serikat, hingga menjadi negara bagiannya pada 1959.


Kondisi Alam
     Iklim di Pulau Hawai hampir menyerupai iklim yang terdapat di daerah tropis. Akan tetapi, suhu dan kelembapan akan terasa lebih tinggi karena dipengaruhi pula oleh angin yang kerap bertiup dari arah timur. Sebagian besar wilayahnya hanya mengalami dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Meskipun begitu, ada pula beberapa wilayah yang juga mengalami empat musim, dengan salju hanya turun di daerah puncak pegunungan.
Pulau Hawai merupakan wilayah yang terisolasi, jauh dari daerah-daerah lain di dunia ini sebagai habitat flora dan fauna. Sehingga, flora dan fauna yang mendiami Pulau Hawai biasanya terbawa oleh angin, gelombang laut, atau ikut serta bersama kawanan serangga dan burung yang melakukan migrasi ke Pulau Hawai. Karena itulah, flora dan fauna di Pulau Hawai dikatakan hampir mengalami kepunahan dan banyak wilayah di Pulau Hawai yang dilindungi di bawah pengawasan Taman Nasional.


Perpindahan Ibu Kota Hawai
     Perpindahan keluarga kerajaan Hawaii dari Big Island ke Maui dan kemudian ke Oahu menjelaskan mengapa pusat populasi ada di tempat mereka berada hari ini. Kamehameha III memilih kota terbesar, Honolulu sebagai Ibu kota karena pelabuhan alamnya, sekarang bernama Honolulu Harbor.

Oahu

      Honolulu terletak di sepanjang pantai tenggara Oahu. Ibu kota sebelumnya Lahaina, Maui dan sebelum itu Kailua-Kona, Hawaii. Beberapa kota-kota besar yang Hilo, Kaneohe, Kailua, Pearl City, Waipahu, Kahului, Kailua-Kona, Kihei, dan Lihue.


Kepadatan Penduduk
     Pulau O’ahu yang merupakan ibu kota negara, juga menjadi pusat kehidupan kepulauan Hawai. Adanya pelabuhan alam di pulau tersebut, menjadikannya semakin ramai. Akan tetapi, tingkat populasi penduduk negara ini cukup rendah. Pada 2005, populasi penduduk Hawai tidak lebih dari sekitar 1,3 juta orang dengan tingkat pertumbuhan rata-rata tak lebih dari 2% per tahun.
Hampir 1,3 juta penduduk Hawai tersebar di wilayah yang luasnya mencapai 16.640 kilometer persegi. Dengan demikian, bisa dikatakan untuk satu kilometer persegi didiami oleh 76,6 orang. Kenyataan ini membuat Hawai dikatakan kurang padat dibandingkan dengan populasi penduduk di Ohio dan Illinois.


Sejarah Ekonomi Hawai 
       Sejarah Hawaii dapat ditelusuri melalui kesuksesan dalam bidang industri, penangkapan ikan paus, tebu, nanas, militer, pariwisata, dan pendidikanSejak  tahun 1959, Pariwisata telah menjadi industri terbesar, memberikan kontribusi 24,3% dari Produk Negara Bruto (GSP) tahun 1997, meskipun upaya untuk diversifikasi. Output bruto bagi negara pada tahun 2003 adalah US $ 47 miliar, pendapatan per kapita untuk penduduk Hawaii adalah US $ 30.441.

     Penghasilan dari Ekspor Negara Hawaii kebanyakan berupa makanan dan pakaian. Industri-industri ini memainkan peran kecil dalam perekonomian Hawaii karena jarak pengiriman yang cukup besar untuk pasar yang layak, seperti Pantai Barat Amerika Serikat. Makanan/Minuman yang di ekspor termasuk kopi, macadamia kacang, nanas, ternak, dan tebu. Menurut Hawaii Agricultural Statistics Service penjualan pertanian Hawai untuk tahun 2002 adalah US $ 370.900.000 dari pertanian yang terdiversifikasi, AS $ 100,6 juta dari nanas, dan US $ 64.300.000 dari tebu.

     Hawaii Pajak yang cukup tinggi. Pada tahun 2003, penduduk Hawaii memiliki pajak negara tertinggi per kapita sebesar US $ 2.838. Hal ini dikarenakan pendidikan, perawatan kesehatan dan pelayanan sosial semua disediakan langsung oleh negara, karena bertentangan dengan pemerintah daerah di semua negara-negara lain.

     Jutaan wisatawan mengkontribusikan pajak melalui bayar pajak cukai umum dan pajak kamar hotel, sehingga tidak semua pajak datang langsung dari warga. Para pemimpin bisnis, mempertimbangkan beban pajak negara terlalu tinggi dan menyarankan untuk tidak berkontribusi harga lebih tinggi dan persepsi iklim usaha yang tidak bersahabat. Pada Januari 2010, tingkat pengangguran negara adalah 6,9% 

Sumber :

http://wapedia.mobi/id/Hawaii
http://erdha.wordpress.com/2007/07/02/menilik-pulau-oahu-hawaii/ 
http://en.wikipedia.org/wiki/Hawaii
http://www.gohawaii.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Hawaii

No comments:

Post a Comment