Tuesday, May 31, 2011

Saya dan Tanah Hijau

Bendera Greenland
Greenland dalam bahasa Inggris, atau Tanah Hijau (nama resmi: Kalaallit Nunaat, bahasa Denmark: Grønland), adalah sebuah pulau di Samudra Atlantik bagian utara di arah timur laut Kanada. Luas wilayahnya adalah 2.166.086 km² dan merupakan pulau terbesar di dunia. Pulau ini termasuk wilayah Kerajaan Denmark. Sejak tahun 1979, Tanah Hijau diberi kemandirian dan sejak tahun 1985 tidak lagi menjadi anggota Uni Eropa. Akan tetapi, Ratu Denmark masih tetap menjabat sebagai kepala negara. Ibukota Tanah Hijau adalah Nuuk

Lambang Negara Greenland
Nama Greenland berasal dari cerita rakyat Islandia, dikatakan bahwa Erik Merah diasingkan dari Islandia karena pembunuhan. Ia, bersama dengan keluarga besar dan thralls, pergi berlayar ke suatu pulau yang terletak di barat laut. Setelah menetap di sana, ia memberi nama pulau itu Grœnland ("Greenland"), dengan harapan dengan nama tersebut akan menarik pemukim baru. Bagian utara Greenland kebanyakan selalu ditutupi oleh salju atau gletser setinggi kurang lebih 3 km dan bagian selatan Greenland (yang tidak tercakup oleh gletser) relatif hijau di musim panas.

SEJARAH
Orang-orang pertama yang menginjakkan kaki di Greenland tiba sekitar 4000-5000 tahun yang lalu dari benua Amerika Utara melalui Kanada ketika laut membeku di selat sempit di Thule di Greenland utara. Suku Inuit berimigrasi dalam beberapa tahap, dan hari ini populasi Greenland diturunkan dari imigrasi terakhir, budaya Thule, yang tiba di sini di sekitar abad ke 9 Masehi.

Imigrasi Inuit terakhir terjadi pada sekitar waktu yang sama dengan kedatangan pemukim Norse dan Erik Merah di Greenland, yang berada di tahun 982, dan yang dijelaskan secara rinci dalam kisah-kisah Islandia. Populasi Norse menghilang dari Greenland di sekitar tahun 1500 dengan alasan yang tidak pernah sepenuhnya dijelaskan - meski tak terhitung cukup alasan teori tentang menghilangnya mereka masih berkembang saat ini. Banyak reruntuhan pemukim Norse 'masih terlihat di dataran dan pegunungan di Selatan dan di Nuuk Greenland,sehingga tempat tersebut menjadi tujuan wisata populer yang menarik wisatawan yang ingin memperoleh wawasan budaya yang menarik dari masa Viking.

Suku Inuit
Setelah hilangnya penduduk Norse, ekspedisi dari Inggris dan Norwegia datang ke Greenland sepanjang abad 16 dan 17, dan dari abad ke-17 dan 18 itu terutama para penangkap ikan paus Eropa yang datang ke dalam kontak dengan suku Inuit. Hal ini mengakibatkan perdagangan yang luas, dan suku Inuit secara khusus diambil dengan manik-manik kecil Eropa 'kaca, yang saat ini digunakan dalam kostum nasional. Hans misionaris Egede dari kerajaan bersama Denmark-Norwegia tiba di sebuah tempat yang sekarang dikenal sebagai Nuuk pada 1721. Dalam usahanya mencari para pemukim Norse, ia tidak pernah menemukan mereka. Lalu ia menyebarkan agama Kristen kepada suku Inuit, sehingga saat ini kebanyakan dari mereka adalah penganut agama Kristen Injil Lutheran.

Suku Inuit dapat bertahan hidup di Greenland dengan menciptakan dan mengembangkan alat-alat penting dan mengimplementasikan yang telah diadaptasi dan disempurnakan selama generasi, dan masih digunakan sampai sekarang, misalnya qajaq; “the Greenlandic sea kayak” yang mungkin merupakan simbol terbaik dari budaya Kutub Utara yang tinggal di, oleh dan dari laut dan sumber dayanya; Ulo, yang merupakan pisau berbentuk melengkung yang digunakan oleh wanita untuk memotong hasil buruan yang dibawa pulang.

Berbicara tentang kebudayaan Viking, tanda2 kebudayaan Viking (atau masyarakat Norse) bisa ditemukan di dalam dan di daerah fjord yang paling hangat yaitu di bagian selatan dan barat Greenland. Tempat tersebut terus didominasi oleh sisa-sisa tempat penduduk sempat bermukim, seperti peternakan, kandang sapi, rumah penyimpanan, dan lain-lain. Biasanya rumah2 tersebut dibuat dari batu atau granit yang bisa bertahan sampai 1000 tahun.

Banyak tanah yang tempati oleh Viking, awalnya dibudidayakan dan sampai saat ini ditempati oleh peternak domba dan petani lainnya yang menawarkan tempat penginapan di tepi fjord dalam dan atau di lereng gunung berumput. Bagi anda pecinta alam dapat merasakan keotentikan budaya Viking ketika anda mulai menjelajahi daerah jejak dari penduduk Norse sebelumnya.

Pada tahun 1500, Raja Manuel I dari Portugal mengirim Gaspar Corte-Real ke Greenland untuk mencari “Northwest Passage” ke Asia yang menurut Perjanjian Tordesillas, yang merupakan bagian dari wilayah pengaruh Portugis. Pada 1501 Corte-Real kembali dengan saudaranya, Miguel Corte-Real, menemukan laut beku. Mereka menuju selatan dan tiba di Labrador dan Newfoundland. Sekembalinya ke Portugal informasi kartografi yang disediakan oleh Corte-Real adalah dimasukkan ke dalam peta baru dunia yang disajikan ke I Ercole d'Este, Duke of Ferrara oleh Alberto Cantino di 1502. The planisphere Cantino, dibuat di Lisbon, akurat menggambarkan garis pantai selatan Greenland.

Ekspedisi Raja Christian IV ke Greenland adalah serangkaian ekspedisi di tahun-tahun 1605-1607 ke sungai Greenland dan Arktik dalam rangka untuk mencari suku Norse yang hilang dan menetapkan kedaulatan Denmark atas Greenland. Ekspedisi kebanyakan tidak berhasil, sebagian karena para pemimpin kurang pengalaman dengan es Arktik dan kondisi cuaca yang sangat ekstrim.

Namun, setelah semua suku Norse meninggal, daerah itu secara de facto dikendalikan oleh berbagai kelompok Inuit, tetapi pemerintah Denmark mengklaim bahwa mereka telah diwarisi Greenland dari Norwegia, dan bila kontak dengan Greenland dibentuk kembali di awal abad 18, Denmark akan menetapkan kedaulatannya atas pulau. Pada tahun 1721 sebuah ekspedisi pedagang dan ulama bersama dipimpin oleh misonaris Denmark-Norwegia, Hans Egede berangkat ke Greenland, tanpa mengetahui apakah ada peradaban Nordik di situ. Ekspedisi dapat dilihat sebagai bagian dari kolonisasi Denmark di Amerika. Setelah 15 tahun di Greenland, Hans Egede meninggalkan anaknya Paulus Egede yang bertanggung jawab atas misi di Greenland dan kembali ke Denmark di mana ia mendirikan Seminari Greenland. Koloni baru ini dipusatkan di Godthab di pantai barat daya. Secara bertahap, Greenland dibuka untuk pedagang Denmark, dan tertutup untuk orang-orang dari negara lain.

Akhirnya, persatuan antara Denmark dan Norwegia dibubarkan pada tahun 1814 (Perjanjian Kiel), dependensi Greenland(Norwegia), Islandia dan Kepulauan Faroe menjadi bagian dari reorganisasi "Kerajaan Denmark". Norwegia menduduki dan mengklaim Greenland timur yang tak berpenghuni (juga disebut Tanah Erik Merah) pada bulan Juli 1931, hal ini didasari "Terra Nullius". Lalu, Norwegia dan Denmark sepakat untuk menyerahkan masalah ini pada tahun 1933 ke Mahkamah Internasional. Hubungan Greenland dengan Denmark diputus pada tanggal 9 April 1940, pada awal Perang Dunia II, ketika Denmark diduduki oleh Nazi Jerman. Pada tanggal 8 April 1941, Amerika Serikat menduduki Greenland untuk mempertahankan kedudukannya terhadap invasi oleh Jerman. Amerika Serikat menduduki Greenland sampai 1945. Greenland sangat di lindungi dan sangat terisolasi sampai tahun 1940. Pemerintahan Denmark yang merupakan koloni yang memerintah di Greendland, meyakini bahwa jika negara terbuka kepawda negara lain, maka akan terjadi eksploitasi dari dunia luar bahkan akan terjadi kehancuran. Namun demikian, masa perang membuat Greenland dapat mengembangkan kemandirian melalui pemerintahan sendiri dan komunikasi independen dengan dunia luar.

Setelah Perang Dunia II, Amerika Serikat mengembangkan minat geopolitik di Greenland, dan pada tahun 1946 Amerika Serikat menawarkan untuk membeli Greenland dari Denmark untuk $ 100.000.000, tetapi Denmark menolak untuk menjual. Namun, pada tahun 1950 Denmark tidak setuju untuk memungkinkan Amerika Serikat untuk mendirikan Pangkalan Udara Thule, pembangunan yang dimulai pada 1951 dan selesai pada 1953, sebagai bagian dari strategi pertahanan NATO Dingin bersatu Perang.
Greenland menjadi bagian integral dari Kerajaan Denmark pada 1953. Ratu Denmark, Margrethe II, menjadi kepala negara Greenland. Pada tahun 1985, Greenland keluar dari bagian Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) pada saat mencapai pemerintahan sendiri.

POLITIK
Peta Greenland
Kepala Negara Greenland saat ini adalah Ratu Margrethe II yang merupakan ratu dari kerajaan Denmark. Ratu menunjuk Rigsombudsmand (Komisaris Tinggi), untuk mewakili pemerintah Denmark. Greenland memiliki parlemen terpilih yang terdiri dari tiga puluh satu anggota. Kepala pemerintahan adalah Perdana Menteri, yang biasanya merupakan pemimpin partai mayoritas di Parlemen. Sebagai bagian dari wilayah Kerajaan Denmark, penduduk Greenland memilih dua wakil yang duduk di Parlemen Denmark. Pada tahun 1985, Greenland keluar dari bagian Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE), tidak seperti Denmark, yang tetap anggota. MEE kemudian menjadi Uni Eropa. Greenland mempertahankan beberapa hubungan dengan Uni Eropa melalui Denmark. Namun, hukum Uni Eropa sebagian besar tidak berlaku ke Greenland kecuali dalam bidang perdagangan.

GEOGRAFI
Greenland terletak di antara 59 ° dan 84 ° LU, dan 11 ° dan 74 ° BB dan merupakan negara terbesar ketiga di Amerika Utara. Greenland memiliki luas wilayah sebesar 2,166,086 km2 . Samudra Atlantik adalah batas tenggara Greenland, Laut Greenland berada di sebelah timur. Batas utaranya adalah Samudra Arktik dan Baffin Bay adalah batas baratnya. Negara-negara terdekat dari Greenland adalah Kanada, yang berada di barat yang melintasi Baffin Bay, dan Islandia, sebelah timur Greenland di Samudera Atlantik. Greenland memiliki taman nasional terbesar di dunia, dan merupakan pulau terbesar di dunia dan wilayah dependensi terbesar berdasarkan wilayah di dunia. Namun, sejak tahun 1950-an, para ilmuwan telah menduga bahwa lapisan es menutupi bagian Greenland benar-benar telah menyatukan dan menyembunyikan tiga pulau terpisah yang telah dijembatani oleh gletser selama periode geologi terakhir pendinginan. Rata-rata suhu tahunan di Greenland bervariasi mulai dari -9 sampai 7 ° C (16-45 ° F)
Greenland memiliki gunung-gunung es. Kumpulan gunung es mengapun dalam bentuk yang fantastis di laut biru tua. Tetapi sayang, banyak gunung es yang mencair akibat pemanasan global yang tidak terkendali. Tidak hanya es yang ada di sini. Greenland juga memiliki gunung-gunung hijau dengan bunga-bunga yang indah, tebing terjal, air panas dan langit begitu tinggi dan udara begitu segar. Hewan juga dapat berkembang di sini - di laut dan di darat - ikan paus, anjing laut, rusa, lembu musk, beruang kutub, dan lain-lain.

EKONOMI
Perekonomian Tanah Hijau tergantung dari produksi bahari, peternakan domba, dan pertambangan. Produk yang dihasilkan dari sektor pertambangan antara lain kreolit, kwarts, tembaga, seng dan besi

DEMOGRAFI
Nuuk
Penduduk asli Tanah Hijau adalah orang Inuit atau Eskimo. Sementara ada pula orang Denmark dan campuran antara orang Inuit dan Denmark yang disebut sebagai orang Tanah Hijau. Di Qaanaaq didirikan markas militer Amerika Serikat. Penduduk Tanah Hijau berjumlah kira-kira 58.000 jiwa yang terdiri atas 80% orang Tanah Hijau, 14,5% orang Denmark, sedangkan sisanya dari suku bangsa yang lain. Bahasa yang banyak digunakan di Tanah Hijau adalah bahasa Inuit sehingga menjadi bahasa resmi selain bahasa Denmark.
Agama yang paling banyak dianut penduduknya adalah Kristen Protestan aliran Luther, sama seperti di Denmark.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Greenland
http://en.wikipedia.org/wiki/Greenland
http://www.greenland.com/

Saya dan Koleksi Museum, "Dewa Pemelihara"


Pada hari Minggu tanggal 22 Mei 2011 saya bersama teman saya, Nabiella, berkunjung ke Museum Nasional untuk menyelesaikan tugas sejarah kami. Museum Nasional disebut juga Museum Gajah karena terdapat patung gajah di halaman depan museum. Tepat pukul  12.00 WIB kami tiba disana. Ini merupakan kunjungan pertama saya ke Museum Nasional. Museum Nasional berada di Jl. Medan Merdeka Barat no. 12, Jakarta Pusat. Museum Nasional dibagi menjadi dua bagian yaitu tentang sejarah Indonesia dan 7 kesenian budaya. Kami memilih untuk kebagian sejarah Indonesia. Disana kami dibantu oleh seorang  pemandu yang akan menjelaskan kepada kami tentang beda-benda yang ada di Museum Nasional. Pertama kami memasuki ruang patung. Ruangan ini tepat berada di depan pintu masuk museum. Didalamnya terdapat patung-patung dan arca-arca perwujudan dari dewa-dewa Hindu-Budha. Pemandu kami menjelaskan beberapa patung yang terkenal yang menjadi koleksi di Museum Nasional. Di bagian tengah terdapat patung-patung yang dibagi berdasarkan tempat ditemukan patung tersebut. Disayap kiri adalah patung yang berasal dari Jawa Tengah dan sayap kanan ditempatkan patung-patung dari Jawa Timur. Perbedaan patung berdasarkan asalnya bisa dilihat dari bentuk ukiran dari patungnya. Patung dari Jawa Timur lebih detail dibandingkan dengan yang dari Jawa Tengah. Setelah itu kami dipandu memasuki ruangan yang berada dipaling belakang museum. Ruangan zaman pra-sejarah. Disana ada penjelasan tentang masa-masa pra-sejarah dan benda peninggalan pada zaman pra-sejarah. Setelah mendengar penjelasan tentang zaman pra-sejarah kami kembali ke area depan museum. Kami masuk ke ruangan zaman penjajahan. Disana ada benda-benda seperti meriam yang digunakan pada saat Indonesia dijajah oleh Belanda. Karena kami tertarik untuk ditunjukan keruang emas, pemandu kami pun membawa kami ke lantai 2 dimana terdapat ruang emas dilantai tersebut. Ruangan emas dibagi menjadi 2 ruangan. Setiap ruangan terdapat perhiasan raja dan ratu dari kerajaan terdahulu yang ada di Indonesia. Namun dibagi berdasarkan tahunnya. Ditahun yang lebih awal perhiasan yang digunakan masih sederhana dan polos belum terlalu banyak hiasannya. Perhiasannya terbuat dari emas asli. Di ruangan kedua perhiasannya terlihat lebih indah karena lebih banyak hiasannya. Ruang emas adalah ruangan terakhir yang saya kunjungi dari Museum Nasional ini. Kesan saya terhadap Museum Nasional sangat bagus. Saya sangat tertarik dengan koleksi-koleksi yang ada di Museum Nasional ini. Namun bagian yang paling saya suka dari museum ini adalah ruang emas. Perhiasan yang terbuat dari emas sangat saya kagumi. Koleksi yang ada begitu bagus untuk diperlihatkan kepada pengunjung. Seperti yang saya bilang diawal kalau ini kali pertama saya berkunjung ke Museum Nasional. Dulunya mungkin saya tidak begitu teratrik untuk ingin tahu apa yang ada di dalam Museum Nasional. Yang ada dipikiran saya dulu koleksinya akan menjadi biasa-biasa saja bahkan bisa saja membosankan. Menuntaskan tugas sejarah memaksa saya untuk berkunjung ke sebuah museum. Dan dari hasil yang saya dapatkan dari kunjungan ke museum tidak seburuk yang dibayangkan. Saya begitu mencermati cerita-cerita yang menarik yang dijelaskan oleh pemandu musuem. Rasa ingin tahu saya pun bertambah setiap pemandu bercerita tentang apa saja. Saya juga lebih mengerti dengan lebih jelas tentang sejarah Indonesia. Ternyata tidak membosankan sama sekali  untuk mengetahui sejarah Indonesia dari zaman pra-sejarah sampai zaman penjajahan. Yang saya sukai lagi adalah pengunjung. Ternyata masih banyak orang tua yang mengajak anak mereka untuk berlibur di museum, yang memanfaatkan waktu tidak hanya bermain di mall tapi ke museum agar lebih bermanfaat. Tidak hanya pengunjung lokal, ketika hari tersebut banyak turis yang berkunjung untuk melihat koleksi peninggalan yang ada di Indonesia. Suasana di Museum Nasional begitu ramai, tidak seperti yang saya bayangkan kalau sebuh museum itu sepi. Secara keseluruhan saya memberi tanggapan positif terhadap Museum Nasional. Namun, hal yang saya sangat sayangkan siang itu terjadi pemadaman listrik di beberapa ruangan. Menurut saya seharusnya hal tersebut jangan sampai terjadi. Hari Minggu merupakan hari libur, terlebih hari tersebut menjadi libur panjang karena pemerintah meliburkan 2 hari kedepan. Dalam logika hari libur seharusnya menjadi hari dimana pengunjung lebih banyak dari hari sebelumnya. Seharusnya pemadaman lampu dilakukan dihari lain yang jumlah pengunjung lebih sedikit dari hari libur. Pemadaman lampu mengganggu kenyamanan pengunjung. Karena terbatasnya ruangan yang memiliki pencahayaan para pengunjung hanya fokus kebeberapa ruangan saja. Contohnya ruang emas. Ruangan tersebut memiliki lampu yang tetap menyala. Alhasil pengunjung Bertumpuk di ruangan tersebut. Karena terlalu ramai dan penuh kenyamanan jadi sedikit terganggu.
Dari beberapa koleksi yang ada di Museum Nasional saya memilih patung Dewa Wishnu sebagai tugas sejarah saya.
Dewa wishnu merupakan dewa yang berasal dari agama Hindu. Berdasarkan bahasa sansekerta Wishnu berasal dari kata Visnu, kata Vis berarti menempati atau mengisi dan mendapat akhiran kata nu. Jadi bisa diartikan sebagai ‘sesuatu yang menempati segalanya’. Nama lain dari Dewa Wishnu adalah Narayana. Dewa Wishnu termasuk dari tri mhurti yaitu tiga dewa utama, dua dewa lainnya adalah Dewa Brahma dan Dewa Siwa. Ia juga dianggap sebagai roh suci. Dewa wishnu merupakan dewa pemelihara yang bertugas untuk memelihara dan menjaga ciptaan Brahman juga megontrol segala aktivitas makhluk hidup. Dalam tradisi hindu Dewa Wishnu dipandang sebagai salah satu manifestasi Brahman dan tidak mau disembah sebagai Tuhan. Dewa Wishnu memakai mahkota yang melambangkan kekuasaan seorang pemimpin. Dewa Wishnu juga menggunakan giwang di kedua telinganya, sepasang giwang ini dilambangkan sebagai dua hal yang bertentangan pada penciptaan. Dewa Wishnu mempunyai warna kulit biru gelap atau biru langit yang melambangkan kekuatan tak terbatas. Pada leher Dewa Wisnu terdapat kalung yang terbuat dari rangkaian bunga dan kaustubha. Di dadanya terdapat simbol kaki Resi Brigu juga simbol srivatsa aitu simbol istrinya, Dewi Lakshmi. Selayaknya seorang dewa,  Dewa Wishnu digambarkan bertangan 4 yang masing-masing dari tangannya memegang gada, lotus, sangkala dan chakra. Gada disimbolkan sebagai keberadan individual, gada dipegang oleh tangan kiri bawah. Lotus diartikan sebagai kekuatan yang memunculkan alam semesta dipegang oleh tangan kanan bawah. Sangkala disimbolkan sebagai kreativitas dan lima elemen penyusun ala semesta dalam ajaran agama hindu yaitu air, api, tanah ether dan udara, yang dipegang oleh tangan kiri atas. Chakra adaa sebuah senjata bergigi tajam dan berputar diartikan sebagai pikiran, yang dipegang oleh tangan kanan atas. Dibeberapa patung koleksi Museum Nasional Dewa Wishnu diidentikan memegang chakra dan keong.
 Binatang yang ditunggangi Dewa Wishnu adalah burung Garuda.  Burung garuda disimbolkan sebagai pemberian tanpa pamrih. Alam penggambaran umum, sering digambarkan Dewa Wishnu sedang duduk di atas bahu burung garuda tersebut. Istri Dewa Wishnu adalah Dewi Lakshmi yang merupakan dewi kekayaan, kemakmuran, kesuburan, kecantikan, keadilan keberuntungan dan kebijaksanaan. Dalam ajaran sebuah filsafat Dewa Wisnu dapat berubah menjadi 3 wujud. Yaitu wujud yang pertama adalah Dewa Wisnu yang berbaring di ‘lautan penyebab’ dan menghembuskan banyak alam semesta. Yang kedua, Dewa Wishnu masuk ke alamsemesta dan menciptakan segala rupa. Dan yang terakhir, Dewa Wishnu masuk kedalam setiap makhluk dan setiap atom. Dewa Wishnu menjelma sebagai awatara kedunia untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran. Awatara dalam agama hindu adalah inkarnasi dari Tuhan yang mengambil wujud dari suatu benda. Penjelmaan dari Dewa Wishnu beragam mulai dari ikan, kura-kura, babi hutan, manusia-singa, orang kerdil, Brahma-Ksatriya, pangeran, pengembala, pemuka agama, dan penghancur. Seluruhnya berjumlah sepuluh namun yang sudah turun kemuka bumi baru sembilan wujud, wujud penghancur diyakini akan turun pada akhir zaman.
Cara pemujaan terhadap Dewa Wishnu sangat beragam. Dalam sebuah tradisi Dewa Wishnu dipuja secara langsung atau tidak langsung yaitu melalui awataranya yanag dipuja secara khusus. Ada pula yang menganggap Dewa Wishnu beda dari dewa-dewa lainnya jadi Dewa Wishnu disetarakan dengan malaikat karena Dewa Wishnu dianggap menjadi sesuatu yang tertinggi. Di Bali, Indonesia dimana banyak orang yang menganggap keagamaan hindhunya sangat kental disana, untuk pemujaan Dewa Wishnu dibangun pura khusus bernama Pura Puseh yang harus ada disetiap kecamatan dan desa. Dewa Wishnu dipercaya menempati arah utara dalam mata angin.  
Dalam sebuah filsafat ajaran agama Hindhu menyebutkan bahwa Dewa Wisnu memiliki enam sifat ketuhanan yaitu Dewa Wishnu mengetahui segala sesuatu yang terjadi di seluruh alam semesta. Ia juga yang berkuasa, tidak ada satu pun yang dapat mengatur Dewa Wishnu. Dewa wishnu juga bisa membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi sesuatu yang mungkin. Ia juga sangat kuat, Dewa Wishnu mampu menopang segala hal tanpa merasakan kelelahan. Kekuatan rohaninya sebagai roh suci dalam semua makhluk yang ada di semesta. Dewa Wishnu juga memberikan cahaya spiritualnya kepada semua makhluk. Beberapa orang beranggapan bahwa kekuatan Dewa Wishnu melebihi dari ke enam yang disebutkan diatas, namun sifat ketuhanan yang penting unuk diketahui adalah enam sifat tersebut.

Saya dan Tokoh Operasi Sapta Marga dalam Penumpasan PRRI


Untuk tugas sejarah tentang tokoh sejarah, saya akan menulis biografi kakek saya dan peranannya dalam pengaruh nasional. Sebelumnya saya mewawancarai Bapak saya sendiri sebagai saksi hidup atas peranan kakek saya sebagai pelaku sejarah. Saya melakukan wawancara melalui wawancara langsung dengan bapak saya yang bernama Agus Supartono. Saya ingin mengetahui bagaimana sosok kakek di mata seorang bapak di kala kakek menjalani masa hidupnya dalam militer. Dan juga bagaimana cerita kehidupan kakek dibalik  jasanya dalam bidang militer dan mengabdikan hidupnya untuk menjaga nama baik Indonesia. Saya sendiri sama sekali tidak pernah melihat langsung wajah kakek seperti apa, karena sewaktu saya lahir, kakek saya sudah meninggal dunia karena penyakit tumor paru-paru yang menggerogoti tubuhnya. Jadi mohon dimaklumi jika terdapat keterbatasan informasi dan berita dikarenakan saya hanya mendapat cerita ini dari satu-satunya sumber yaitu anak keempat kakek saya, adalah bapak saya sendiri.
BIOGRAFI SINGKAT
Kakek saya bernama R. Soeparto. Beliau lahir di Surabaya pada tanggal 15 Agustus tahun 1919. Memiliki pangkat sebagai Kapten Cpl Purnawirawan NRP.275514. Jabatan terakhirnya adalah sebagai Karo III Paldam VI/SLW. Pendidikan beliau yaitu H.I.S.P.G.B  selama 7 tahun , lalu masuk Sekolah Madrasah selama 4 tahun, dan juga kursus bahasa inggris. Jabatan kemiliterannya adalah ssebagai SUSKI  PALAD angk.ke II tahun 1961.

Riwayat jabatan kepangkatan Dan pasca pensiun
·         Agustus 1938 s/d januari 1942 Schryverhulp-magazyn pada marine Etablisement
di Surabaya.
·         Januari 1942 s/d Agustus 1945 Juru tulis Kaigun S.E 21/24 Butsi di Surabaya
·         18 Agustus 1945 s/d 29 November 1949 letnan muda pada penataran angkatan laut (P.A.L) di Tulungagung
·         30 November 1947 s/d 31 Desember 1949 Kepala Perlengkapan D.P.S.D pabrik XVIII/XIV A dengan pangkat letnan muda di Tulungagung
·         1 Januari 1950 kepala urusan dalam D.P.I.A.D 45-00-BI denan pangkat Plt di Bandung
·         1 November 1959 naik pangkat jadi Letda
·         10 Agustus 1959 Pds dan kima di pal A
·         1 Juli 1959 dinaikan pangkat menjadi Letnan satu
·         20 Maret 1959 masuk pendidikan Suski Rinpal
·         12 Maret 1962 Dan Kima Paldam VI/Slw
·         1 Januari 1963 Karo III Paldam VI/Slw
·         1 Januari 1963 dinaikan pangkat jadi Kapten
·         1 November 1963 melaksanakan Masa Persiapan Pensiun (M.P.P) s/d31 Oktober 1965
·         1 November 1965 dipensiun dengan surat Kep.Kasad No.Kep.-49/1-19/Kasad/2/V/1970 tanggal 3 Februari 1970
·         Setelah pensiun menjadi Pegawai Perusahaan Negara Industri Sandang Bandung dengan jabatan kepala bagian umum Patal Cipadung Bandung
·         14 mei 1969 menjabat anggota staff P&G Patal Cipadung Bandung
·         1970 pensiun sebagai pegawai Patal Cipadung Bandung
·         Setelah itu berwiraswasta bersama keluarga bapak Soeyanto Hadiwinoto dalam usaha pengangkutan darat/travel di Solo
·         1973 kembali ke bandung berwiraswasta peternakan ayam dirumah Jl.Kiaracondong No 293 Bandung
·         1975 menderita sakit Tumor paru-paru, sempat dirawat di RS Imanuel Bandung, Sanatorium di Bogor dan terkakhir dirawat 1919 di Jl.Kiaracondong No 293 Bandung
·         Pada tanggal 8 Desember 1975 jam 03.00 pagi telah meninggal dunia dirumah Jl.Kiaracondong No 293 Bandung dan keesokan harinya dimakamkan di Makam Pahlawan Cikutra Bandung
Riwayat Domisili                   :
·         Setelah menikah dengan ibu Sri Soeprapti pada tahun 1950 berdomisili di Jln Tengku Angkasa dan Jl. Cibeunying Bandung, pada tahun 1951 lahir anak pertama : Sri Soepartini
·         Setelah itu bertempat tinggal di Jln.Kartaatmaja Cibangkong Bandung dan lahir anak kedua : Bambang Soepartanto (1953), ketiga Koes Soepartiwi(1954), dan keempat Agus Supartono(1957) 
·          Pada tahun  1959 berdomisili dirumah dinas Jl. Sumarsana No 22 Bandung sampai dengan tahun 1969 di rumah pribadi Jl.Kiaracondong No 293 (sekarang jl.Ibrahimaji no 377) Bandung
·         Rumah dijalan kiaracondong pada saat ini telah dijual
Tugas Operasi Militer                       :
1 Januari 1959 mengikuti tugas opersi sapta marga di Medan Sumatera Utara dalam penumpasan PRRI
Tanda-tanda Jasa Militer     :
·         BINTANG GERILYA
·         MEDALI SEWINDU APRI
·         SL.KESETIAAN VII/ TH
·         SL.AKSI POLISIONIL KE 1
·         SL.AKSI POLISIONIL KE 2
·         SL.GOM V/DI-TII/JABAR
·         SL.SAPTA MARGA

PERISTIWA
Masa Demokrasi Liberal tahun 1950 menimbulkan ketidak stabilan dalam bidang politik. Kemudian pada tahun 1955 diadakan pernilihan umum, namun Pemilu tersebut tidak berhasil menghilangkan pertentangan‑pertentangan politik. Oleh karena itu beberapa daerah muncul suara - suara menuntut otonomi yang luas, karena tidak ada keseirnbangan antara daerah dengan pusat dan daerah merasa dianaktirikan oleh pemerintah pusat terutarna dalam bidang pernbangunan.

Dalam keadaan yang demikian itu bekas Divisi Banteng mengadakan reuni di Padang pada tanggal 20 ‑ 24 Nopernber 1956. Hasil reuni tersebut terbentuklah Dewan Banteng yang diketuai oleh Letkol Ahmad Husein. Dengan terbentuknya Dewan Banteng yang bertendensi politik, maka KSAD melarang perwira‑perwira AD melakukan kegiatan di bidang politik. Tetapi larangan itu bahkan disambut oleh ketua Dewan Benteng dengan mengambil alih pemerintahan Sumatera Tengah dari Gubernur Ruslan Muloharjo, dengan dalih tidak mampu melaksanakan pembangunan.

Kegiatan di Sumatera Tengah itu diikuti oleh Sumatera Timur yaitu Ketua Dewan Gajah mengambil alih semua kekuasaan yang ada dalam wilayah TNI kemudian Sumatera Selatan terjadi kegiatan ‑ kegiatan yang sama. Setelah diadakan Konferensi Dinas Pemerintahan Sumatera Selatan lahirlah Garuda. Kemudian Panglima TNI Letnan Kolonel Barlian mengambil alih pemerintahan Sumatera Pusat, mengadakan musyawarah pembangunan nasional untuk memecahkan persoalan secara terbuka. Namun usaha pernerintah tersebut tidak diterima, bahkan gerakan kedaerahan yang bersifat sparatis terus berlangsung yang akhirnya menjurus menjadi pernberontakan.

Pemberontakan makin memuncak dengan proklamasi pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) pada tanggal 15 Pebruari 1958 oleh Ahmad Husein, Kolonel Dahlan Jombek dan Kolonel Simbolon. Kemudian untuk mengatasi pernberontakan tersebut pemerintah bersikap tegas dengan melakukan Operasi militer. Perwira yang terlibat seperti Letkol Ahmad Husein, Kolonel Dahlan Jombek, Kolonel Siimbolon diberhentikan dengan tidak hormat.

Operasi gabungan yang dilaksanakan yaitu Operasi Tegas (Untuk Daerah Riau), Operasi 17 Agustus (Untuk Sumatera Barat), Operasi Sapta Marga (untuk Sumatera Utara) dan Operasi Sadar (untuk Sumatera Selatan). Operasi 17 Agustus yang dipimpin oleh Kolonel Ahmad Yani ditujukan kedaerah Sumatera Barat dengan sasaran merebut pusat militer lawan di Padang dan pusat pernerintahan di Bukit Tinggi. Dari Kodam VII/ Diponegoro mengirimkan Yon ‑ 438 dan Yon ‑ 440. Dengan operasi tersebut maka kota Padang dan Bukit Tinggi dapat dikuasai dan diduduki. Dengan jatuhnya Bukit Tinggi selesailah operasi pernbersihan dan teritorial. Dengan demikian tokoh‑tokoh PRRI melarikan diri ke hutan‑hutan dan pada pertengahan tahun 1961 mereka menyerah sesuai dengan anjuran pemerintah.
PERAN TOKOH
Kakek saya, yaitu R. Soeparto berperan dalam penumpasan PRRI dalam Operasi Sapta Marga di Medan, Sumatera utara. Sewaktu itu beliau memiliki jabatan kepangkatan letnan muda pada penataran angkatan laut (P.A.L). Jadi beliau melakukan operasi melalui jalur laut dengan pasukan angkatan laut yang handal. Di saat pemerintah menjalankan operasi militer gabungan dari unsure-unsur darat, laut, dan udara, pelaksaan operasi tersebut cukup berat dikarenakan pasukan PRRI/Permesta pada umumnya mempunyai pengalaman tempur yang tinggi. Selain itu, persenjataan yang mereka miliki pun ternyata lebuh lengkap dan modern. Bahkan, disinyalir bahwa pihak PRRI/Permesta secara langsung maupun tidak langsung telah mendapat sokongan dana dan persenjataan dari Amerika Serikat. Hal ini terbukti dari peristiwa ditembaknya pesawat B-26 yang dipiloti Allan Lawrence Pope, warga Amerika Serikat.
Akan tetapi semangat juang yang tinggi dari pasukan RI mampu mengalahkan kekuatan PRRI. Kakek saya juga tidak gentar menghadapi serangan-serangan dari senjata modern milik PRRI. Beliau sangat yakin akan kemampuan dirinya dan kemampuan rekan-rekannya. Beliau tetap fokus dalam operasi militer melalui laut dengan mengandalkan kekuatan dan keahlian bertempurnya. Walaupun dalam bidang persenjataan mungkin pasukan RI kalah, tapi dalam semangat juang, taktik, dan kerjasama pasukan gabungan darat, laut, dan udara, pasukan RI jauh lebih unggul. Sebagai Letnan Muda, beliau professional dalam menghadapi kendala-kendala yang terjadi. Beliau juga memberikan ide dalam taktik penumpasan Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI). Pada akhirnya tokoh-tokoh PRRI menyerah satu-persatu. Pada 29 Mei 1961, Letkol Ahmad Husein beserta pasukannya secara resmi menyerah disusul oleh tokoh-tokoh sipil, militer, dan anggota permesta lainnya. Pada pertengahan 1961, mereka memenuhi seruan pemerintah untuk menyerahkan diri.
Pemakaman Kakek
 SUKA DUKA DALAM WAWANCARA SEJARAH   
Sejujurnya saya sangat kesulitan dalam mencari tokoh sejarah yang ingin saya wawancara. Karena tokoh sejarah yang terdekat dengan saya yang memiliki peran dalam lingkup nasional ataupun internasional adalah kakek dan nenek saya karena kakek dari ibu ataupun bapak adalah sama-sama tentara. Namun  dikarenakan kakek nenek dari bapak dan ibu sudah meninggal sebelum saya lahir, jadi saya kesulitan mencari informasi yang lengkap. Maka dari itu hasil wawancara yang saya dapat dari Bapak saya kurang lengkap dan kurang detail. Tetapi walaupun begitu secara garis besarnya saya memahami dan sangat menghargai jasa kakek saya untuk menegakkan kebenaran. Saya juga jadi bertambah ilmunya mengenai operasi militer dalam penumpasan PRRI. Mohon maaf jika banyak sekali kekurangan dalam tugas ini. Terimakasih.

Saya dan Negara Bagian 'Lone Star State'


Bendera Negara Bagian Texas
Texas adalah negara bagian terbesar ke dua di Amerika Serikat berdasarkan jumlah penduduk dan luas wilayah, dan negara bagian terbesar di daratan utama Amerika Serikat. Ibukota Texas adalah Austin. “Persahabatan” adalah motto dari Texas.
Texas memiliki julukan "Lone Star State" untuk menandai Texas sebagai republik yang merdeka dan bukti perjuangan negara bagian ini untuk mencapai kemerdekaan dari Meksiko. "Lone Star" hingga saat ini masih dapat dilihat pada Bendera Texas dan pada Lambang Texas
Geografis
Texas berada di 25°50′ U sampai 36°30′ U lintang dan 93°31′ B sampai 106°39′ B bujur dengan memiliki 2.5% area perairan. Texas memiliki wilayah seluas 696.200 km persegi, dengan lebar 1.244 km dan panjang 1.270 km. Terletak di Amerika Serikat bagian Tengah-Selatan, Texas memiliki batas-batas berikut ini yaitu di utara adalah Negara Bagian Oklohama dan Negara Bagian Arkansas, di sebelah barat Texas berbatasan dengan Negara Bagian New Mexico dan di sebelah Timur berbatasan dengan Negara Bagian Arkansas dan Negara Bagian Louisana, di bagian selatan Texas berbatasan dengan Negara-negara Meksiko. Titik tertinggi Texas berada di puncak Guadalupe yaitu setinggi 2.667 m dengan titik terendahnya adalah Teluk Meksiko yaitu 0 m. Rata-rata daratan Texas sebesar 520 m.
Houston adalah kota terbesar di Texas dan keempat terbesar di Amerika Serikat, sedangkan San AntonioAustin, ibu kota negara bagian ini. adalah terbesar kedua di negara bagian ini dan terbesar ketujuh di Amerika Serikat. Dallas–Fort Worth dan Houston Raya masing-masing merupakan kawasan metropolitan terbesar keempat dan keenam di Amerika Serikat. Kota-kota besar lainnya meliputi El Paso dan
Karena begitu luasnya wilayah dan fitur-fitur geologis yang dimiliki seperti Patahan Balcones, Texas memiliki rupa bumi yang bermacam-macam, membentang dari Amerika Serikat bagian selatan hingga ke Amerika Serikat bagian barat daya. Meskipun Texas secara populer bertalian erat dengan gurun Amerika Serikat bagian barat daya, pada kenyataannya kurang dari 10% wilayah daratnya berupa gurun. Dari timur ke barat, dapat diamati dataran luas yang membentang dari rawa-rawa pesisir dan Piney Woods, hingga ke dataran dan perbukitan yang silih berganti, dan berujung di gurun dan pegunungan Big Bend.
Sejarah Texas
Asal usul kata Texas (tejas, tayshas, ​​texias, tetra, techan, teysas, techas) memiliki penggunaan yang luas di antara India Timur Texas bahkan sebelum kedatangan Spanyol, yang berbagai transkripsi dan interpretasi memunculkan banyak teori tentang makna . Makna biasa adalah "teman-teman," meskipun kata Hasinais diterapkan untuk banyak kelompok-termasuk Caddoan-berarti "sekutu." Para Hasinais mungkin tidak menyebutkan diri mereka sebagai nama kelompok lokal; mereka menggunakan istilah, sebagai bentuk ucapan: "Hello, friend." Bagaimana dan kapan nama Texas pertama mencapai Spanyol tidak pasti, tetapi gagasan tentang "great kingdom of Texas," dikaitkan dengan "Gran Quivira" telah menyebar di New Spanyol sebelum ekspedisi Alonso De León dan Damian Massanet tahun 1689. Massanet menceritakan pertemuan Indian yang memproklamirkan diri tetra, atau "friends", sesuai yang Ia pahami, dan pada pertemuan kepala Nabedaches (salah satu suku Hasinai) keliru menyebutkan sebagai "gubernur" dari sebuah “great kingdom of Texas. " Francisco de Jesús María, seorang misionaris dari Massanet dengan Nabedaches, berusaha untuk memperbaiki laporan yang salah tentang nama dengan menyatakan bahwa orang Indian di daerah yang bukan merupakan kerajaan, bahwa kepala disebut "gubernur" bukan kepala, dan bahwa nama yang benar dari kelompok suku bukan Texas. Texias, menurut Jesús María, berarti "teman" dan hanyalah nama yang diterapkan pada berbagai kelompok bersekutu untuk melawan Apache. Kemudian ekspedisi oleh Spanyol untuk sebagian besar nama Texas atau yang lain menggunakannya sebagai alternatif untuk Asinay (Hasinai). Secara resmi dokumen-dokumen Spanyol terus menggunakannya tetapi kemudian menyempit itu berarti hanya kelompok Neches-Angelina dari Indian dan bukan wilayah geografis. Arti putatif lain yang memiliki bukti kurang dari kontemporer untuk mendukung mereka adalah: "area bunga," "surga," dan "atap genting"-dari atap jerami suku Texas Timur- tidak pernah disarankan oleh pengamat pertama sejauh diketahui, meskipun teori kemudian menghubungkan mereka dengan tejas atau ejaan variannya. Apapun pengaruh Spanyol dari nama Texas, motto negara, "Persahabatan," membawa arti asli dari kata tersebut seperti yang digunakan oleh Hasinai dan sekutu suku-sukunya, dan nama negara tampaknya berasal dari sumber yang sama.
Keberadaan wilayah Texas ini diketahui oleh dunia Eropa pertama kali oleh Spanyol pada tahun 1519. Awalnya, Texas dihiraukan keberadaannya oleh Eropa karena wilayahnya yang tandus. Kemudian pada akir tahun 1685, karena salah perhitungan, koloni Perancis mendarat di wilayah ini, yang seharusnya ingin menuju Mississippi. Koloni ini hanya bertahan 4 tahun karena terlibat pertentangan dengan pribumi. Kemudian Spanyol terus mengirimkan misionarisnya ke Texas untuk tujuan religiusnya. Spanyol menduduki wilayah ini sampai tahun 1821 karena pada tahun itu, Meksiko memenangkan perang kemerdekaannya. Hal ini mengakibatkan Texas menjadi bagian dari Meksiko. Selama bergabung dengan Meksiko, ketegangan terus terjadi antara kaum federalis dan sentralis, hingga pada tahun 1835 meletuslah apa yang dinamakan Revolusi Texas. Kecamuk ini menyebabkan pada awal 2 bulan tanun 1836, wilayah Texas tidak mempunyai pemerintahan yang jelas. Kemudian, Antonio Lopez de Santa Anna berinisiatif membentuk pasukan untuk mengakhiri revolusi. Bebeberapa pasukan penghalang dikalahkan dan akhirnya pada tanggal 2 Maret, dideklarasikanlah kemerdekaan Texas. Texas-pun menjadi sebuah republik. Kemenangan perang ini tidak lantas menyelesaikan masalah di internal Texas. Perang politik antara kubu nasionalis dan abolisionis terus berlanjut. Kubu ingin meneruslkan kemandirian dan kemerdekaan Texas serta memperluas wilayah republik sampai samudra pasifik. Di sisi lain, kubu abolisionis mengusulkan aneksasi (penggabungan wilayah ke wilayah yang lebih besar) Texas ke dalam Amerika Serikat. Sementara itu, Meksiko mengirimkan dua ekspedisi kecil ke Texas dan menguasai beberapa kota. Atas dasar masalah pertahanan, terciptalah momentum perlunya penggabungan Texas ke wilyah yang lebih besar, yakni Amerika Serikat. Kubu abolisionis mendapat angin segar berkenaan dengan masalah ini. Republik memulai usahanya bernegoisasi tentang aneksasi sejak 1837. Kemudian, pada tahun 1844, atas kemenangan ekapansionis, James K. Polk, Texas berhasil dianeksasi AS yang kemudian ditetapkan Kongres pada tanggal 29 Desember 1845 sebagai negara bagian dari Union. Atas kejadian ini, pada saat itu Meksiko kemudian memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Amerika Serikat. Masalah tidak selesai sampai di sini saja. Setelah pemilihan Abraham Lincoln pada tahun 1960, meletuslah Deklarasi Carolina Selatan sebagai pemisahan diri dari Union (United States of America) dan membentuk Confederate States of America. Secara voting, Texas memutuskan untuk bergabung dengan Konfederasi.
Ekonomi
Texas adalah negara bagian yang unggul. Hal ini memimpin bangsa dalam produktivitas total. Satu industri Texas yang mulai tumbuh setelah Perang Saudara usai adalah peternakan sapi. Oleh karena sejarah panjangnya sebagai pusat industri peternakan sapi, Texas memiliki berhubungan erat dengan citra koboi. Daging sapi lebih banyak di produksi di Texas daripada di negara lain. Texas juga erupakan produsen kaas terbesar di Amerika Serikat. Keberuntungan ekonomi negara bagian ini berubah pada permulaan abad ke-20, ketika penemuan ladang minyak bumi Spindletop memulakan ledakan ekonomi di negara bagian ini. Dengan investasi yang kuat di perguruan-perguruan tinggi, Texas pada pertengahan abad ke-20 mengembangkan diversifikasi ekonomi, termasuk banyak industri berteknologi tinggi. Kini Texas memiliki lebih banyak perusahaan Fortune 500 daripada negara-negara bagian lainnya di Amerika Serikat. Dengan basis industri yang berkembang, negara bagian ini menjadi pemimpin di berbagai industri, meliputi pertanian, petrokimia, energi, komputer dan elektronika, dirgantara, dan penelitian kedokteran. Texas juga berkembang besar di industri luar angkasa dan merupakan ‘pemain utama’ dalam teknologi modern. Industri-industri ini menjadikan Texas sebagai negara bagian yang terdepan dalam perolehan ekspor sejak tahun 2002 dan memiliki produk negara bagian bruto tertinggi kedua di Amerika Serikat. Pendapatan domestik bruto per kapita Texas (secara nominal) adalah yang ke-23 di Amerika Serikat, yakni berada di bawah rata-rata pendapatan domestik bruto nasional.
Sosial dan Budaya
Budaya Texas telah menjadi campuran dari "Selatan" (Dixie) dan Southwestern (-Meksiko fusion Anglo) budaya Amerika Utara, dengan kantung-kantung koloni kelompok etnis di dalam dan sekitar metropolitan dan wilayah perkotaan sementara seluruh lembah Rio Grande River, dan wilayah lainnya semakin ke timur dan utara, telah kembali mexicized karena baru-baru ini migrasi dan tingkat kelahiran yang tinggi (disertai dengan " penerbangan putih ") di antara etnis Meksiko populasi. Semua ini karena Texas memiliki lokasi geografis dan sejarah pemukim di Amerika Serikat. Negara bagian Texas adalah negara asal etnis yang beragam terutama karena migrasi internasional sebelum dan selama sejarahnya, sementara pada saat yang sama dengan Amerika Utara, dan tempat masyarakat non-lokal untuk hidup, sebagian karena banyak industri minyaknya. Texas juga memiliki imigran dari Amerika Serikat pusat yang bergerak dalam menemukan minyak. Setelah lulus dari universitas, masyarakat  Kansas , Oklahoma , Missouri , Michigan , Nebraska , North Dakota , dan Dakota Selatan pindah ke Texas untuk mencari pekerjaan.
Olahraga
Tim Baseball asal Texas
Olahraga resmi Texas adalah rodeo. Rodeo adalah sebuah olahraga yang melibatkan kuda atau hewan ternak lain yang menguji kecepatan seorang koboi ataupun atket yang berpartisipasi. Acara tahunan ‘Houston Livestock and Rodeo’ adalah acara rodeo terbesar di Texas. Selain itu masyarakat Texas menyukai berbagai macam bidang olahraga seperti American football, baseball, hoki, bola basket, balap kuda, hoki, sepak bola, golf, balap mobil dan lain sebagainya. Untuk olahraga American football, Texas merupakan tuan rumah bagi dua tim NFL, yaitu ‘Houston Texans’ dan ‘Dallas Cowboys’ yang sering juga disebut sebagai ‘Amerca’s team’. Dallas Cowboys meupakan tim yang paling terkenal karena keberhasilan mereka di lapangan. Pada bidang baseball tim yang terkenal adalah Rangers Texas dan Houston Astros. Pada tahun 2005, Astros menjadi tim pertama dari Texas yang berhasil masuk ke World Series dan diikuti oleh tim Rangers Texas yang berhasil masuk ke World Series pada tahun 2010. Pada bidang olahraga basket, tim dari Texas juga tidak kalah memiliki prestasi. Dari Texas terdapat tim Houston Rockets , San Antonio Spurs , dan Dallas Mavericks. Ketiga tim tersebut telah memasuki final NBA dan Houston Rockets dan San Antonio Spurs sudah menang kejuaraan. Pada bidang hoki telah menjadi olahraga partisipatif berkembang di Fort / Worth area Dallas sejak Minnesota North Stars menjadi Bintang Dallas pada tahun 1993. The Dallas Stars memenangkan Piala Stanley pada tahun 1999. Bidang sepak bola sangat berkembang pesat di Texas. Contoh tim dari Texas ialah The Dallas Tornado yang dimainkan antara tahun 1968-1981 dan Houston Stars yang dimainkan hanya satu musim pada tahun 1968. Houston kembali ke liga pada tahun 1978-1980. Sepak bola kembali hadir di Texas dengan Piala Dunia FIFA 1994. Dan berbagai prestasi olahraga yang diraih oleh penduduk Texas.

Sumber;